Rabu, 31 Maret 2010

mesin diesel

CARA KERJA

Cara kerja kedua mesin yang berbeda menghasilkan tenaga, emisi dan akselerasi yang berbeda. Mesin diesel memiliki cara kerja dengan menyemprotkan solar bertekanan tinggi kedalam ruang bakar yang juga bertekanan tinggi sehingga solar dapat dengan mudah terbakar tanpa alat bantu seperti busi, koil dan lain sebagainya. Kompresi yang tinggi ini berkisar antara 14:1 sampai dengan 25:1. Karena kompresi yang tinggi inilah mesin diesel lebih efisien dari mesin bensin.

Mesin bensin memiliki cara kerja yang sedikit berbeda, yaitu bensin disemprotkan kedalam ruang bakar yang berkompresi rendah atau sedang dan kemudian tekanan piston membuat kompresi semakin tinggi dan dibantu oleh busi maka menghasilkan ledakan tenaga untuk menggerakkan kendaraan. Rasio kompresi mesin bensin berkisar antara 7:1 sampai dengan 13:1.

TENAGA

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel dan bensin berbeda. Hal ini disebabkan kalori yang dihasilkan perliter solar lebih tinggi dibandingkan oleh satu liter bensin. Sebagai perbandingan dalam 1 gallon (3.78L) solar mengandung 147,000 BTU, sedangkan 1 gallon bensin mengandung 125,000 BTU.

Karena hal diatas maka mesin diesel memiliki torsi yang besar sehingga sering digunakan untuk alat angkutan darat seperti truk, bis, kapal laut dan alat angkutan umum lainnya

KONSUMSI

Karena tenaga yang dihasilkan mesin diesel lebih besar maka hal itu membuat konsumsi bahan bakar mesin diesel jauh lebih irit dari pada mesin bensin. Konsumsi yang lebih irit ini akan lebih terasa untuk anda yang menggunakan kendaraannya diatas 20.000 km per tahun nya. Sebagai gambaran saja, mesin diesel lebih irit minimal 1.57 kali dari mesin bensin. Jadi, apabila mesin bensin dengan kapasitas 1600 cc memiliki konsumsi 1:10 (1 liter untuk 10 km) maka diesel dengan kapasitas 1600 cc dapat memiliki konsumsi 1:16 (1 liter untuk 16 km).

HARGA

Harga per unit kendaraan diesel lebih mahal daripada bensin. Hal ini disebabkan kapasitas mesin diesel yang jauh lebih besar dari varian bensin nya sehingga pajak mobil bermesin diesel lebih mahal dari mobil ber mesin bensin.

Sedangkan harga solar dibandingkan dengan harga bensin sekarang ini tidak terpaut terlalu banyak. Terlebih sekarang kebanyakan mesin diesel menerapkan teknologi common rail yang haus akan solar dengan sulphur rendah sehingga harus mengkonsumsi Pertamina DEX, Shell Diesel atau Total Performance Diesel yang harga nya lebih tinggi dari bensin yang paling mahal sekalipun (ex: Pertamax plus).

Selisih harga ini dapat terbayar apabila pemakaian kendaraan diatas 20.000 km per tahun nya. Tapi jika anda hanya menggunakan kendaraan dibawah jarak tempuh itu pertahun nya maka selisih harga tersebut akan terbayar lebih lama lagi.

POLUSI

Mesin Diesel memiliki pro dan kontra dalam hal polusi. Pro: mesin diesel mengeluarkan CO, HC dan CO2 yang jauh lebih kecil dari bensin sehingga emisi nya akan membantu mengurangi pemanasan global. Kontra: gas buang mesin diesel menghasilkan asap yang memiliki berat jenis tinggi dan cepat mengendap di permukaan sehingga dapat menyebabkan hujan asam dan polusi asap.

SUARA

Mesin diesel teknologi lama memiliki suara yang berisik dimana suara tersebut tercipta karena hentakan kompresi tinggi mesin untuk membakar solar yang memiliki titik bakar lebih rendah dari bensin. Tapi teknologi diesel terkini telah membuat mesin diesel jauh lebih halus. Teknologi common rail ini telah membuat beberapa mobil mewah menggunakan mesin diesel tanpa ada suara mengganggu yang keluar dari kap mesin.

PERAWATAN

Mesin Diesel masa kini membutuhkan perawatan yang lebih intens dibandingkan dengan mesin bensin biasa. Kenapa? Hal ini disebabkan karena teknologi common rail yang dianut mesin diesel masa kini diterapkan dengan fuel injection pump bertekanan tinggi sehingga rentan terhadap partikel yang mungkin menyumbat di saringan bensin atau di nozle nya. Selain itu, hampir semua mesin diesel terkini menggunakan variable geometry turbo yang membuatnya sangat lincah pada putaran bawah. Turbo inilah yang membutuhkan perawatan rutin dalam hal penggantian oli dan pemakaian nya tidak boleh semena-mena tanpa mengikuti petunjuk yang ada.

KESIMPULAN

Setelah membaca materi diatas maka anda dapat menyimpulkan, mesin apa yang cocok untuk anda. Kalau saya pribadi sangat puas dengan mesin diesel karena irit dalam kemacetan, dan memiliki akselerasi yang menyenangkan (karena adanya variable geometry turbo). Tapi karena saya menggunakan kendaraan tersebut kurang dari 15.000 km per tahunnya, maka penggunaan mobil bermesin diesel saya kurang efisien.

Mesin diesel 5 silinder milik C270 CDI W203


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar